Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Sosiologi Penelitian Sosial dan Pembahasan

Sebelum masuk dalam pembahasan soal penelitian sosial, kamu harus paham dulu apa itu penelitian sosial?. Penelitian sosial adalah suatu metode analisis situasi yang merumuskan berbagai masalah sosial dengan maksud untuk menemukan aspek yang baru, memahami sebab-musabab beserta relasinya mengoreksi, mengadakan verifikasi, dan memperluas pengetahuan.

Jenis-jenis Penelitian Sosial 

Jenis-jenis penelitian sosial antara lain:
  1. Penelitian berdasarkan tujuannya yaitu penelitian dasar (basic research) dan penelitian terapan (applied research);
  2. Penelitian berdasarkan metode yaitu penelitian historik, penelitian survei, penelitian eksperimen, dan penelitian observasi;
  3. Penelitian berdasarkan pendekatan dan data yang terkumpul yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif;
  4. Penelitian berdasarkan tempat pelaksanaannya yaitu penelitian laboratorium, penelitian lapangan, dan penelitian perpustakaan.
Masalah yang layak diteliti dalam penelitian sosial adalah masalah harus menarik minat peneliti. Terdapat empat bagian inti dalam metode penelitian, yakni jenis penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan unit analisis. Pengolahan data pada penelitian sosial merupakan aktivitas pada penelitian dengan tujuan untuk mengolah data-data yang didapatkan dari lapangan supaya dapat dibaca dan mudah dipahami. Materi lengkap mengenai penelitian sosial ini, dapat juga kamu baca pada postingan kak Gibran yang berjudul Karakteristik dan Jenis-jenis Penelitian Sosial.

Soal Penelitian Sosial dan Pembahasan

penelitian sosial

Setelah memahami intisari dari penelitian sosial, selanjutnya kamu bisa mempelajari beberapa soal sosiologi tentang penelitian sosial di bawah ini.

1. Seorang peneliti ingin melakukan pengolahan data, maka ia harus melakukan persiapan dalam proses pengolahan agar penelitian tidak salah dalam pemahaman dan hasil penelitian. Tahap persiapan yang harus dilakukan peneliti terdiri atas dua kegiatan besar, yaitu ….
(A) pemilihan sampling dan editing
(B) pembuatan kesimpulan dan teori
(C) analisis hasil dan coding
(D) tabulasi dan editing
(E) editing dan coding (pengkodean)

Pembahasan:
Dalam melakukan pengolahan data, peneliti harus melakukan persiapan. Tahap persiapan terdiri atas dua kegiatan besar, yaitu editing dan coding (pengkodean).

Editing Dalam tahap editing, data-data yang telah dihimpun dengan kuesioner atau wawancara harus dibaca kembali untuk menganalisis apakah ada hal-hal yang masih meragukan dari jawaban responden. Dengan demikian, editing memiliki tujuan untuk menghilangkan keraguan pada data dan memperbaiki kualitas data.

Coding Sesudah tahap editing, data-data berupa jawaban-jawaban responden perlu diberi kode (coding). Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan proses analisis data. Untuk memberikan coding pada data, peneliti dapat melihat jawaban dari jenis pertanyaan yang diajukan pada kuesioner.

Jadi, jawaban yang tepat adalah (E).

2. Diketahui data umur remaja putus sekolah 12, 15, 21, 17, 12, 14, 22, 23. Mean dari kelompok remaja putus sekolah tersebut adalah umur ….
(A) 17 tahun
(B) 21 tahun
(C) 15 tahun
(D) 20 tahun
(E) 12 tahun

Pembahasan:
Mean (rata-rata hitung). Mean merupakan nilai bilangan dari jumlah keseluruhan nilai bilangan dibagi dengan banyaknya unit atau bilangan. Mean = (12+15+21+17+12+14+22+23) / 8 = 17 Tahun. Jadi, jawaban yang tepat adalah (A).

3. Suatu metode analisis situasi yang merumuskan berbagai masalah sosial dengan maksud untuk menemukan aspek yang baru, memahami sebab musabab beserta relasinya mengoreksi, mengadakan verifikasi, dan memperluas pengetahuan merupakan definisi dari ….
(A) penelitian empiris
(B) penelitian kualitatif
(C) prosedur ilmiah
(D) penelitian kepustakaan
(E) penelitian sosial

Pembahasan:
Penelitian sosial adalah suatu metode analisis situasi yang merumuskan berbagai masalah sosial dengan maksud untuk menemukan aspek yang baru, memahami sebab musabab beserta relasinya mengoreksi, mengadakan verifikasi, dan memperluas pengetahuan. Jadi, jawaban yang tepat adalah (E).

4. Penelitian adalah usaha untuk menemukan sesuatu, mengisi kekurangan atau kekosongan, mengembangkan atau memperluas dan menggali lebih dalam apa yang telah ada, menguji kebenaran terhadap apa yang telah ada, tetapi masih diragukan kebenarannya. Definisi penelitian sosial tersebut dikemukakan oleh ….
(A) Kamanto Sunarto
(B) Soeprapto
(C) Marzuki
(D) Soetrisno Hadi
(E) Soerjono Soekanto

Pembahasan:
Menurut Soetrisno Hadi, penelitian adalah usaha untuk menemukan sesuatu, mengisi kekurangan atau kekosongan, mengembangkan atau memperluas dan menggali lebih dalam apa yang telah ada, menguji kebenaran terhadap apa yang telah ada, tetapi masih diragukan kebenarannya. Contohnya, meneliti faktor penyebab tawuran antarpelajar dan kenakalan remaja di wilayah perkotaan dan pedesaan. Jadi, jawaban yang tepat adalah (D).

5. Petugas sensus memperoleh data dengan cara datang dari rumah ke rumah penduduk untuk menanyakan jumlah anggota keluarga, tingkat pendidikan, keadaan ekonomi, dan lain-lain. Berdasarkan pernyataan tersebut pendekatan data yang terkumpul dalam bentuk ….
(A) tersier
(B) primer
(C) kuantitatif
(D) sekunder
(E) kualitatif

Pembahasan:
Pernyataan tersebut menjelaskan bahwa data yang terkumpul merupakan data dalam bentuk angka-angka. Petugas sensus menanyakan jumlah anggota keluarga, tingkat pendidikan dan keadaan ekonomi dikategorikan dalam penelitian kuantitatif.
Penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang menekankan pada jumlah data yang dikumpulkan. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik. Teknik yang digunakan adalah teknik survei. Jadi, jawaban yang tepat adalah (C).

Demikianlah beberapa Soal Sosiologi Penelitian Sosial dan Pembahasannya, semoga dapat membantu kamu dalam memahami makna dan materi penelitian sosial.

Posting Komentar untuk "Soal Sosiologi Penelitian Sosial dan Pembahasan"